16 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Apresiasi Wajib Pajak Tertib Bayar, Bapenda Siapkan Reward


Apresiasi Wajib Pajak Tertib Bayar, Bapenda Siapkan Reward
Kepala Bapenda Berau Maulidiyah

KLIKBERAU.COM - Guna memacu semangat dan stimulus wajib pajak untuk dapat menunaikan kewajibannya, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Berau berikan reward bagi wajib pajak yang dinilai tertib dalam melakukan pembayaran.

Pemberian reward dikatakan Kepala Bapenda berau Maulidiyah, dilakukan melalui beragam cara. Diantaranya pengundian langsung wajib pajak tertib bayar, dengan berbagai hadiah menarik. Serta malam anugerah pajak, yang ditujukan sebagai bentuk penghargaan terhadap wajib pajak yang selalu tertib.

"Melalui upaya ini, kita secara tidak langsung mengimbau masyarakat selaku wajib pajak dapat menunaikan kewajibannya dengan tepat waktu dan tidak menunggak," terangnya.

Sepanjang 2016, Bapenda Berau kata Maulidiyah, telah memberikan reward dan penghargaan kepada masyarakat yang dinilai taat dalam membayar pajak. Khususnya untuk sektor Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Tahun 2016, kita berikan reward empat sepeda motor bagi wajib pajak yang bayar PBB tepat waktu. Pemberian reward dilakukan dengan pengundian pemenang. Dan tahun 2017 ini pun kami sudah siapkan enam motor sebagai reward bagi wajib pajak," tambahnya.

Upaya ini dinilai Maulidiyah sangat ampuh diterapkan bagi wajib pajak di Kabupaten berau. terlihat dari peningkatan jumlah wajib pajak yang tertib bayar, dan berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Berau yang meningkat sangat signifikan pada tahun 2016.

"Terbukti tahun 2016 lalu PAD kita mencapai 153,76 persen dari target yang ditetapkan," ucapnya.

Selain pemberian reward, upaya sosialisasi pun masih terus dilaksanakan Bapenda secara intensif, hingga menyasar perusahaan yang ada di Kabupaten Berau selaku wajib pajak. Termasuk melakukan audit bagi wajib pajak yang terbukti menunggak, bekerjasama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kaltim.

"Apapun caranya, kita akan upayakan penerimaan sektor pajak bisa maksimal. Sehigga mampu menopang keuangan daerah yang saat ini tengah merosot akibat defisit," ujar Maulidiyah. (*)

Reporter : Rika Widia Sari    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0