17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Realisasi PAD Berau Tahun 2016 Capai 153,7 Persen


Realisasi PAD Berau Tahun 2016 Capai 153,7 Persen
Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Berau Maulidiyah (Foto: Rika Widia)

KLIKBERAU.COM - Dalam menopang peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), Pemerintah Kabupaten Berau terus berupaya mencari peluang baru melalui berbagai sektor. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan jumlah PAD yang diraup, menunjukkan adanya peningkatan dari tahun ke tahun.

Dijelaskan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Berau Maulidiyah, PAD Kabupaten Berau pada tahun 2016 mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding tahun 2015.

Dimana realisasi Pendapatan mencapai 153,76 persen dari empat komponen. Diantaranya pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah, dan lain-lain biaya yang sah. Dan, Pajak daerah memberi kontribusi terbesar mencapai Rp 39,05 Miliar.

"PAD tahun 2016 kita melampaui target, dari semula Rp 198,3 Miliar terealisasikan mencapai Rp 304,9 Miliar. Pajak daerah paling banyak berkontribusi sebesar Rp 39,05 Miliar, " ungkapnya.

Pajak daerah kata dia, memiliki sebelas komponen. Masing-masing Pajak Hotel, Pajak Restaurant, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Mineral bukan logam dan batuan, Pajak Parkir, Pajak Air tanah, PBBP2, Pajak Sarang Walet, serta Pajak biaya perolehan hak atas tanah dan bangunan.

"Dari sebelas komponen tersebut, hanya sektor Pajak Mineral Bukan Logam, Pajak BPHTB, Pajak Sarang Walet dan Pajak Air tanah yang belum mengalami peningkatan," tandasnya.

Menurutnya, keempat komponen tersebut mengalami penurunan dikarenakan adanya defisit anggaran, serta dampak Undang-Undang nomor 23 tentang Pemerintahan Daerah. Dimana ada pengalihan perizinan pertambangan dari daerah ke tingkat Provinsi.

"Meski ada empat komponen yang mengalami penurunan, semua masih bisa tertutupi tujuh komponen lain yang mengalami kenaikan cukup signifikan. Sehingga realisasi kita melebihi target," pungkasnya. (*)

Reporter : Rika Widia Sari    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0