23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Yuk Wisata Ke Perkebunan Jeruk Keprok Garut


Yuk Wisata Ke Perkebunan Jeruk Keprok Garut
Wisata perkebunan jeruk keprok di Garut Jawa Barat

KLIKBERAU.COM - Salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa saat jalan-jalan ke Garut adalah jeruk keproknya. Buah yang sempat melegenda di periode tahun 80-an ini memiliki citarasa segar yang enak untuk dinikmati kapan saja.

Pada tahun-tahun tersebut, jeruk garut bisa ditemui kapan saja di daerah Cigadog yang kemudian musnah ketika Gunung Galunggung meletus dan menyelimuti daerahnya dengan abu setebal 1 meter lebih.

Beberapa pihak berusaha mewujudkan kembali kejayaan jeruk keprok Garut dengan cara membuat wisata petik jeruk yang unik di sana naik Bus Primajasa. Bus Primajasa dapat dengan mudah ditemukan di terminal-terminal besar seperti Kampung Rambutan, Pasar Rebo, Leuwi Panjang, Lebak Bulus, dan sebagainya untuk menuju ke Garut.

Dengan slogan yang dipegangnya, kru Primajasa bakal mengantarkanmu naik bus secara efisien, tepat waktu dan aman. Yuk segera beli tiket bus Primajasa untuk menuju kebun wisata petik jeruk Garutnya!

Pusat Perkebunan Jeruk Keprok Garut

Era tahun 80-an saat jeruk Garut popular, tanaman ini pun dijadikan komponen penyusun lambang daerah kabupaten Garut. Jeruk ini merupakan komoditas tanaman pangan yang mempunyai prospek cerah dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Jeruk Garut pun dinilai dapat bersaing dengan produk sejenis seperti Jeruk Medan, Jeruk Pontianak, bahkan jeruk impor seperti Jeruk Mandarin dan Jeruk New Zealand.

Dikembangkan secara luas di daerah Cigadog, produksi terbaiknya harus menyerah ketika Gunung Galunggung meletus.

Jeruk Garut, Varietas Unggul yang Berusaha Bangkit Kembali

Popularitas jeruk Garut yang terus terpuruk pasca letusan Gunung Galunggung ditambah dengan serangan virus degeneratif menyebabkan beberapa pihak tergerak untuk mengangkatnya kembali. Pemkab Garut dan para petani perlahan melakukan upaya rehabilitasi jeruk Garut dengan menanam kembali 400.000 lebih pohon jeruk di atas lahan seluas 1000 ha yang tersebar di beberapa kecamatan di Garut. Salah satunya dengan mendukung upaya wisata petik jeruk di desa Situgede, Cigadog.

Yuk ke Wisata Petik Jeruk Garut!

Berdiri mulai awal tahun 2017, wusata petik jeruk ini terletak 20 kilometer dari pusat kota Garut. Kamu bisa memilih Primajasa untuk mencapai kotanya, lalu menempuh perjalanan selama 30 menit menggunakan kendaraan umum lanjutan.

Wisata petik jeruk Garut dikelola secara apik oleh Dasep Badrussalam sebagai wujud kecintaannya terhadap kearifan lokal seperti jeruk Garut yang kini terbilang langka.

Konsep Agrowisata Untuk Hiburan dan Edukasi Masyarakat

Bagi kamu yang sudah pernah mengunjungi wisata petik jeruk dengan menggunakan bus Primajasa, pasti telah membuktikan dan dapat mengenali rasa khas jeruk Garut yang dapat dipetik sendiri di sini.

Ya, berbeda dengan jeruk dari daerah lain, Jeruk Garut memiliki rasa manis yang dominan ketimbang rasa amannya. Asyiknya, kamu bisa menikmati langsung jeruk dari kebun atau dibawa pulang untuk oleh-oleh. Di kebun petik jeruk seluas 1,2 hektar, kamu juga bisa mencari ilmu menanam jeruk yang benar.

Saat memetik jeruk, kamu diajarkan untuk mengerti cara menentukan jeruk yang sudah matang atau belum. Pengetahuan ini pasti berguna saat kamu pulang dari Garut dengan bus Primajasa dan ingin membeli jeruk di kampung halaman nantinya. Dengan biaya hanya Rp50.000 saja, banyak yang bisa kamu dapatkan dari sekadar petik jeruk Garut, bukan?

Reporter : M Hidayat    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0