21 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Bupati Muharram Izinkan Takbir Keliling, Warga Diminta Patuhi Aturan


Bupati Muharram Izinkan Takbir Keliling, Warga Diminta Patuhi Aturan
Rapat pembahasan Takbir Keliling di Rujab Bupati Muharram (Foto: Dayat)

KLIKBERAU.COM - Banyaknya keluhan masyarakat terkait ditiadakannya takbir keliling Lebaran sampai ke telingan Bupati Berau Muharram. Ia pun langsung menggelar rapat bersama Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Berau, Polres, Dishub, Ormas, dan Tokoh Masyarakat di rumah jabatan Bupati Jl Cendana Tanjung Redeb. Sabtu (9/6) malam, sekira pukul 21.00 Wita.

Melalui rapat hampir dua jam itu, akhirnya Bupati Muharram memutuskan tetap melaksanakan takbir keliling untuk menyambut Idul Fitri 1439 Hijriah. Dirinya menyampaikan beberapa poin penting terkait teknis pelaksanaan.

Diungkapkannya, pelaksanaan takbir keliling baik roda empat maupun roda dua tetap dilaksanakan seperti biasa, dengan catatan semua pihak yang terlibat sama-sama mengawasi. Mulai Polres, Satpol PP dan Dishub, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Tetap takbir keliling, dan beberapa aspek wajib diperhatikan. Polres bersama Dishub dan Ormas wajib membantu menjaga keamanan, serta ketertiban selama takbir keliling berlangsung,” ujarnya.

Begitu pula untuk roda empat, disilahkan menghias kendaraan dengan nuansa islami, mengumandangkan takdir, baik secara langsung maupun rekaman dengan pengeras suara. Lalu tidak memuat penumpang yang melebihi batas maksimum, serta ikut menjaga keamanan dan ketertiban selama takbir keliling.

“Silahkan bagi yang memiliki kendaraan roda empat untuk menghias kendaraannya dengan ornament islami. Jangan dengan hal yang tidak bermanfaat. Serta harus menggunakan pakaian yang sopan,” lanjutnya.

Muharram juga menegaskan, ada beberapa larangan yang wajib dipatuhi petugas, yakni tidak menggunakan atribut kampanye calon Gubernur 2018, tidak menyalakan petasan, dan dilarang membunyikan musik selain takbir. Dirinya mengimbau masyarakat yang tidak ikut takbir keliling bisa menyemarakkan takbir di Surau maupun Masjid.

Sementara Kapolres Berau AKBP Pramuja Sigit Wahono, melalui Kabag Ops Kompol Winarto menuturkan pihaknya siap mengamankan takbir keliling di Kabupaten Berau. Ia turut mengingatkan masyarakat untuk mengenakan Helam bagi kendaraan roda dua, knalpot tidak bising, tidak membonceng melebihi dua orang. Dan jika ada yang melanggar akan dikenakan sanksi tegas berupa tilang di tempat.

“Kami siap melaksanakan dan mengamankan takbir keliling di Bumi Batiwakkal, dengan beberapa syarat yang wajib dipatuhi. Jika melanggar akan kami tindak tegas dan tilang di tempat,” terangnya. (*)

Reporter : M Hidayat    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0