21 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Hadapi Arus Mudik Lebaran, PMI Berau Buka Dua Posko Pelayanan


Hadapi Arus Mudik Lebaran, PMI Berau Buka Dua Posko Pelayanan
PMI Berau (ist)

KLIKBERAU.COM - Menghadapi mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, Palang merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau turut berpartisipasi. Diawali keikutsertaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2018. Rabu, 6 Juni 2018.

Dijelaskan Kepala Markas PMI Berau Eta Setiawan, pihaknya membangun 2 Pos Pertolongan Pertama, selama Operasi Ketupat Mahakam. Diantaranya Pos KM 5 Poros Berau-Samarinda, dan Pos Simpang 4 Pangeran Antasari. Hal ini guna membantu pemudik baik antar Kabupaten maupun antar Desa dan Kecamatan di Berau.

Pos tersebut tergabung dengan Polres Berau serta instansi terkait, dari Dinas Kesehatan dan BPBD.

Setiap pos dilengkapi ambulans, mobil lapangan, alat komunikasi Handy Talkie (HT) dan handphone, serta perlengkapan medis lengkap standart pertolongan pertama PMI.

Pos PMI beroperasi tanggal 11 hingga 21 Juni 2018, untuk membantu antisipasi keadaan darurat melalui proses evakuasi ke rumah sakit.

"Kami hanya sebatas melakukan proses pertolongan pertama, berkoordinasi dengan instansi terkait. Juga bertugas di posko gabungan. Untuk tindakan lebih lanjut, akan kami bawa ke rumah sakit" ucap Eta Setiawan, Rabu (6/6) pagi.

PMI Berau akan menurunkan 8 personel pertolongan pertama, 2 personel ambulans, 2 personel tenaga perawat, dan 1 personel tenaga bidan yang dibagi dalam 2 shift.

"Pelayanan yang kami berikan bukan hanya sebatas Pertolongan Pertama dan evakuasi saja. Tapi juga pelayanan kesehatan lain, misalnya cek tekanan darah para pemudik, terutama yang melakukan perjalanan jauh" ujar Korlap Pos Mudik PMI, Sugianto.

Sementara di Kantor PMI Berau, juga dibuka Posko Induk yang siap menerima informasi dan memberikan pertolongan pertama bagi warga.

Selain itu, untuk mengantisipasi kejadian luar biasa seperti lakalantas, PMI juga menjaga ketersediaan stok darah. Dan mengimbau masyarakat bisa mendonorkan darahnya.(*)

Reporter : M Hidayat    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0