22 Mei 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Jembatan Penghubung Sukan Tengah Nyaris Ambruk, Warga Harap Ada Perbaikan


Jembatan Penghubung Sukan Tengah Nyaris Ambruk, Warga Harap Ada Perbaikan
Jembatan Penghubung Sukan Tengah dan Tanjung Perengat Nyaris Ambruk (Foto: Dayat)

KLIKBERAU.COM - Jembatan penghubung Kampung Sukan Tengah dengan Tanjung Perangat di Kecamatan Sambaliung dalam kondisi memprihatinkan. Satu-satunya akses penghubung antar masyarakat di dua kampung tersebut kini nyaris ambruk dan seolah terabaika.

Apalagi jembatan diketahui sudah berumur 17 tahun lebih, dan sangat membutuhkan perbaikan. Ditambah lagi jelang Bulan Suci Ramadhan, keberadaan jembatan sangat dibutuhkan warga sebagai akses transportasi dan ekonomi.

Sekretaris Kampung Sukan Tengah Bernadus, menuturkan di wilayahnya ada 5 pemukiman, yakni SP 1-5 dengan 800 lebih Kepala Keluarga (KK), dengan total hampir mencapai 3.000 jiwa.

Kondisi jembatan ini kata Bernrdus sudah berlangsung hampir satu tahun, dan telah diusulkan untuk perbaikannya. Namun hingga kini belum satupun upaya yang tampak dari Pemerintah Daerah melalui dinas terkait. Hanya swadaya masyarakat yang berupaya melakukan perbaikan jembatan seadanya.

“Jika dibiarkan terus, bisa amblas itu jembatan. Apalagi ini jelang bulan puasa, banyak warga yang berbelanja keperluan di pasar Kampung Bangun, maupun Sanggam Adji Dilayas di Tanjung. Dan akses satu-satunya ya jembatan ini,” ujarnya kepada KlikBerau, Rabu (3/5) siang.

Selain itu, banyaknya kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang nekat melintas, membuat kondisi jembatan kian mengkhawatirkan. Bahkan truk bermuatan juga kerap melintas, dan ditakutkan jembatan ambruk tiba-tiba.

“Kendaraan besar setiap hari lewat, bahkan warga pernah melakukan pemblokiran jalan kalau ada truk bermuatan melintas. Kami khawatir jembatan ambruk. Dulu sempat ada yang meninjau, tapi sampai sekarang belum juga diperbaiki,” terang Bernardus.

Sementara Ibnu, salah satu warga sekitar juga mengaku was-was saat melintas di jembatan tersebut. Ia pun berharap segera ada perbaikan dari Pemerintah Daerah, agar tidak ada lagi kekhawatiran warga di jalur penghubung satu-satunya itu.

"Semoga segera ada perbaikan, terlebih ini jelang bulan puasa, tentu banyak warga yang ingin meintas disini,” katanya. (*)

Reporter : M Hidayat    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0