17 Oktober 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Bupati Muharram Launching Program ZCD Inisiasi Baznas di Pulau Derawan


Bupati Muharram Launching Program ZCD Inisiasi Baznas di Pulau Derawan
Silaturrahmi Bupati Muharram sekaligus resmikan Program Zakat Community Development (ZCD), di Kampung Pegat Batumbuk (Foto: Dayat)

KLIKBERAU.COM - Bupati Berau Muharram, membuka sekaligus meresmikan program Zakat Community Development (ZCD), di Kampung Pegat Batumbuk, Kecamatan Pulau Derawan. Minggu, (21/1).

Program ini merupakan inisiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau, bekerjasama dengan Baznas Provinsi Kaltim. Dalam upaya pengembangan kampung nelayan, menjadi kampung mandiri melalui pengolahan dan penjernihan air laut menjadi air bersih.

Hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Berau, Ketua Baznas Kaltim, Fachrul Ghazi. serta perwakilan Baznas RI serta masyarakat sekitar.

Ketua Baznas Kaltim, Fachrul Ghazi, mengatakan program ini merupakan bagian dalam peningkatan kualitas masyarakat dan kaum dhuafa, dalam beberapa aspek. Seperti kesehatan dan ekonomi. Melalui program ini, diharap membantu mengembangkan perekonomian masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan khususnya di Kecamatan Pulau Derawan.

“Ini merupakan wujud nyata pemanfaatan zakat, infaq, dan sodaqoh yang dihimpun BazNas selama ini,” ujar Fachrul Ghazi.

Senada, Kepala Bagian (Kabag) PU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kaltim, Abdul Hamid, menjelaskana potensi zakat Kaltim sangat besar, yang mencapai Rp12 Triliun.

Namun saat ini baru terkumpul sekira Rp50 miliar, yang diharap potensi ini bisa terus dimaksimalkan. Serta pengelolaannya dilakukan secara kreatif dan inovatif, untuk diaplikasikan bagi pemberdayaan kaum dhuafa.

"Adanya program ini akan membantu masyarakat sekitar, yang tidak lagi membeli air ke tempat jauh dan mahal,” katanya. 

Begitupun Perwakilan Baznas RI, Emi, menyampaikan apreasiasi atas terselengaranya program ini. Menurut Emi, adanya program ini bisa membantu masyarakat dalam menikmati zakat yang dihimpun melalui BazNas.

“Khusus di Berau potensi zakat mencapai Rp 7,9 miliar. Dari angka tersebut, 80 persen harus tersalurkan sehingga dapat dirasakan seluruh masyarakat dan kaum dhuafa,” ungkapnya.

Sementara Bupati Muharram menilai, dengan penambahan fasilitas bagi Kecamatan Pulau Derawan melalui BazNas dengan proram ZCD, sangat membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dasar. Sebab, tidak hanya air bersih semata, namun program ini juga membantu dalam pemenuhan listrik.

“Ini menjadi salah satu solusi dalam mengatasi persoalan yang ada di kampung, khususnya kampung nelayan ini,” ucap Bupati

Ditambahkannya, kebutuhan dasar masyarakat tetap menjadi prioritas pemerintah daerah, mengingat masih banyak kampung yang mengalami persoalan seperti halnya Pulau Derawan.

"Maka dari itu, Camat dan Kepala Kampung kami minta untuk mendata mana saja yang masih kekurangan kebutuhan dasar ini," pungkas Bupati Muharram. (*)

Reporter : M Hidayat    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0