20 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Masuk Pemukiman, Warga Diminta Tak Sakiti Orangutan


Masuk Pemukiman, Warga Diminta Tak Sakiti Orangutan
Orangutan yang berkeliaran di pemukiman warga Desa Sebulu Modern, Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur. (IST)

KLIKBERAU.COM - Kapolres Kutai Kartanegara, AKBP Fadillah Zulkarnaen melalui Kapolsek Sebulu AKP Zaenal Arifin pun menanggapi kemunculan orangutan di kawasan itu.

Menurut dia, sebelumnya Selasa, 17 Oktober 2017 lalu, kera besar itu terlihat muncul bergelantungan di ranting pohon kawasan hutan pinggir sungai. Namun, Kamis 19 Oktober 2017 orangutan tersebut telah berkeliaran di pemukiman warga.

“Satu ekor saja yang mucul, tapi sudah kembali ke hutan sekitar jam 11,” ungkapnya saat dihubungi kliktenggarong.com

Katanya kera berbulu tebal kemerahan ini walaupun berada di pemukiman warga namun tidak mengganggu atau menyakiti warga sekitar. Pihaknya meperkirakan kemuculnya lantaran hendak mencari makan. “Cari makan aja, tadi sempat dikasih pisang sama warga,” ujarnya

Terkait munculnya pongo pygmaeus ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait yakni Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), pasalnya pihaknya tidak berani melakukan tindakan serta agar menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Sudah hubungi BKSDA cuman enggak datang, katanya lagi di Bontang ada juga laporan,” ucapnya.

Tidak ingin terjadi apa-apa terhadap hewan yang dilindungi itu, pihaknya telah mengimbau agar masyarakat tidak bertidak semena mena terhadap mamalia ini “Kami mengimbau agar masyarakat tidak menyakiti, kalau melakukan itu kami proses hukum,” pesannya.

Kemunculan orangutan ini pun dibenarkan Camat Sebulu, Mochfizal, katanya di Sebulu Moderen itu masih banyak orangutan berkeliaran di hutan, namun baru kali ini hewan pemakan buahan ini masuk ke pemukiman. “Masih banyak Orangutan di hutan itu,” ucapnya.(*)

Reporter : Zaenul Fanani    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0