22 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Rekrutmen CPNS Gelombang Dua Diprediksi Ramai Pendaftar


Rekrutmen CPNS Gelombang Dua Diprediksi Ramai Pendaftar
Ilustrasi

KLIKBERAU.COM - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Senin, 11 September 2017 kemarin. Pada pembukaan CPNS kali ini ada 61 lembaga kementerian/instansi pemerintah dan satu provinsi, yakni Provinsi Kalimantan Utara yang membuka formatur CPNS.

“Ada total tercatat 17.928 formatur pegawai negeri sipil yang dibuka. Dari total jumlah itu, 17.428 formatur berasal dari 61 kementerian/lembaga dan 500 formatur ditawarkan oleh Provinsi Kalimantan Utara,” ucap Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik, Herman Suryatman, Senin, 11 September 2017.

Kementerian Keuangan sendiri tercatat sebagai instansi pemerintah yang paling banyak membuka formasi CPNS pada pembukaan lowongan kali ini. Ada sejumlah 2.880 formatur lowongan yang ditawarkan pada masyarakat pada pembukaan lowongan CPNS kali ini.

Pembukaan pendaftaran CPNS ini merupakan gelombang kedua setelah pada gelombang sebelumnya Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia membuka lowongan formasi CPNS. Pada gelombang pertama kemarin tercatat sejumlah 1,14 juta orang mendaftar untuk dua pos instansi tersebut. Dari total 1,14 juta orang yang medaftar, ada sekitar 19.210 lowongan formasi CPNS yang ditawarkan.

Herman mengatakan pada gelombang kedua kali ini jumlah pendaftaran diperkirakan akan melonjak. “Yang gelombang ke dua nanti kita lihat karena sedang berproses. Kemungkinan pendaftarnya bisa lebih dari 1,14 juta orang ini, kita lihat saja nanti,” kata Herman.

Menurut Herman nantinya para pendaftar harus mampu melewati Tes Administrasi terlebih dahulu. Persyaratan administrasi tersebut bisa dilihat dalam laman masing-masing kementerian/lembaga. Selain harus menjalani Tes Administrasi nantinya para pendaftar tes CPNS ini harus melalui dua tes yakni, Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan kemudian Tes Kompetensi Bidang (TKB). (*)

Reporter : Aysah Idris    Editor : Shanika Adella



Comments

comments


Komentar: 0