21 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Mengenal Ahmad Rusadi, Skuad Timnas U16 Asal Kaltim


Mengenal Ahmad Rusadi, Skuad Timnas U16 Asal Kaltim

KLIKBERAU.COM - Timnas U-16 akhirnya mengantongi 30 nama untuk mengisi skuad jelang AFF junior di Thailand Juli mendatang. Dari 30 nama itu, Kaltim patut berbangga lantaran satu putra daerahnya lolos seleksi tim besutan Fakhri Husaini.

Ahmad Rusadi, remaja berusia 14 tahun itu tercantum sebagai satu-satunya wakil Kaltim di skuad timnas U-16. Dalam daftar nama hasil seleksi itu, Ahmad tercatat sebagai pemain belakang. Terpilihnya Ahmad mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Ketua Asprov PSSI Kaltim, Yunus Nusi bangga dengan pencapaian Ahmad yang mampu menembus skuad timnas dari ratusan peserta se-nusantara. Menurutnya, lolosnya Ahmad ke timnas murni hasil kerja keras dan talenta yang ia miliki.

"Fakhri sudah komunikasi dengan saya, ini atas dasar obyektivitas. Bukan berarti saya orang Kaltim di Exco PSSI atau Fakhri orang Kaltim, tidak begitu. Saya lihat potensi anak ini besar sekali," ujar Yunus melansir Tribunkaltim.co, belum lama ini.

Yunus menilai Ahmad merupakan aset Kaltim yang harus terus dijaga dan dibina untuk kemajuan sepakbola Kaltim. Bahkan di usianya yang sangat belia saat ini, ia sudah diproyeksikan menjadi andalan palang pintu tim sepakbola Kaltim di PON 2020 Papua mendatang.

"Ini menjadi bibit muda kita masuk di PON. Ini sudah fix 30 orang nanti dia ke Spanyol dan Hongkong. Semoga dia sehat. Kemarin 6 dari Kaltim dan hanya terpilih dia. Anaknya tinggi dan punya kemampuan yang di atas rata-rata," ungkapnya.

Talenta yang dimiliki Ahmad rupanya sudah tercium sejak remaja kelahiran Kukar ini menimba ilmu di Sekolah Sepakbola PUP Samarinda, Kalimantan Timur. Pelatih SSSB PUP, Hendra mengakui Ahmad memiliki kemampuan yang unik dan berkembang pesat dibanding anak-anak se-usianya. Bahkan di SSB PUP sendiri, Ahmad tergolong yang paling muda, namun tidak canggung kala bermain di lapangan bersama rekan-rekannya yang lebih tua.

"Kalau latihan, Ahmad itu paling menonjol dari segi power. Dan dia punya postur tubuh yang besar untuk ukuran bek remaja. SSB kami sempat di bawah naungan dari Dispora Kaltim dan mendapat program fisik dan power. Ahmad yang paling terbaik di program itu," ucap Hendra.

Di usianya yang masih belia, Ahmad sebenarnya sudah punya pengalaman yang lebih baik. Ia pernah masuk skuad Piala Soeratin 2014, main di Pekan olahraga pelajar provinsi 2016, dan Soeratin 2016. Ia juga sempat menjual try out dari Dispora Kaltim di Bali dan Sidoarjo dengan predikat terbaik.

Hendra pun berpesan agar Ahmad tetap berlatih serius dan membuktikan kelayakan berkostum garuda junior. "Sudah sampai sejauh ini perjuangan Ahmad, jangan menyerah, tetap belajar, fokus di PSSI. Memang banyak pesaing, tapi jangan kalah sama yang lain. Saya terima kasih kepada Dispora Kaltim dan PSSI Kaltim yang memberikan perhatian khusus kepada bibit muda kita, khususnya Ahmad yang selalu didampingi," ungkapnya.

Lolosnya Ahmad ke timnas junior menjadi bukti putra daerah Kaltim mampu bersaing di level nasional. Ia berharap klub sepakbola lokal Kaltim semakin membuka mata dan memberi kesempatan pada pemain lokal Bumi Etam.

"Ini aset buat Kaltim. Kita punya banyak bibit dan tinggal bagaimana kita mengelola. Mudah-mudahan satu anak Kaltim ini bisa jadi pemicu klub Kaltim untuk menggunakan jasa pemain lokal. Kita ada Persiba, Borneo FC, dan Mitra Kukar yang termasuk tim besar di Liga Indonesia, semoga mereka melirik bibit lokal Kaltim," kata Hendra. (*)

Reporter : Marki Spivak | Trb    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0