23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Sediakan Pupuk Subsidi Ratusan Ton, PKT Target Peningkatan Produksi Urea


Sediakan Pupuk Subsidi Ratusan Ton, PKT Target Peningkatan Produksi Urea
Sharing knowledge product Pupuk Kaltim dengan insan media di Balikpapan. (Ahmad Riyadi)

KLIKBERAU.COM - Pencapaian produksi Urea PT Pupuk Kalimantan Timur aka Pupuk Kaltim, terus meningkat seiring beroperasinya lima Pabrik Pupuk Kaltim.

Proyeksi kinerja tahun 2017, Pupuk Kaltim menargetkan produksi Urea sebesar 3.4 juta ton lebih besar dibanding tahun 2016 sebesar 3.3 juta ton. Ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan SK Mentan tahun 2017 di wilayah penyaluran Pupuk Kaltim sebesar 1,53 juta ton.

PKT juga telah menyediakan stok pupuk urea bersubsidi sebanyak 303.922 ton. Sedangkan stok NPK Subsidi sebanyak 25.264 ton. Sampai 19 Maret 2017, PKT telah menjual 309.498 ton urea subsidi ke wilayah distribusi Pupuk Kaltim. Sedangkan NPK subsidi, Pupuk Kaltim menjual sebanyak 57.235 ton.

Demikian disampaikan Kepala bagian Pelayanan dan komunikasi produk, Sulton, dalam jumpa persnya, kemarin.

Ia mengatakan penjualan pupuk bersubsidi akan dilakukan Pupuk Kaltim untuk memenuhi kebutuhan petani/kelompok tani sepanjang tahun, khususnya selama masa musim tanam yang saat ini masih berlangsung.

Untuk menjaga kebutuhan pupuk di daerah, pengadaan pupuk urea bersubsidi selain dari Bontang, juga akan dipasok dari beberapa distribution center yang tersebar di Surabaya, Banyuwangi, Semarang dan Makassar. Ini untuk terus menjaga stok aman yang telah ditentukan SK Mentan.

"Pada musim tanam saat ini, Pupuk Kaltim telah meningkatkan stok di daerah melebihi dari ketentuan yang berlaku,” ujarnya. Kendati demikian, hal-hal antisipatif lainnya juga terus dilakukan Pupuk Kaltim dalam menghadapi musim tanam.

Ia mencontohkan, seperti meningkatkan sistem monitoring stok dengan penggunaan aplikasi Distribution Planning Control System dan penjualan serta penambahaan kapasitas produksi melalui pengoperasian kelima Pabrik Pupuk Kaltim dengan rate maksimal.

Langkah-langkah pengamanan distribusi Pupuk bersubsidi secara kontinyu juga dilakukan melalui koordinasi dengan Distributor, PPL, KP3, Dinas terkait, Pemerintah Daerah setempat. Sekaligus membentuk Tim Posko Pengamanan Musim Tanam yang siap sedia 24 jam selama 7 hari sepekan.

Selain itu, Pupuk Kaltim meyediakan jaringan bebas pulsa untuk para petani, kios resmi dan distributor yang ingin menyampaikan keluhan dan saran guna meminimalisir adanya permasalahan yang timbul terkait pengadaan pupuk bersubsidi.

"Realisasi tindak lanjut dari kesiapan Pupuk Kaltim dalam menghadapi musim tanam, maka penting bagi Perusahaan untuk mengadakan sosialisasi product knowledge, proses distribusi pupuk serta hal terkait dalam proses ini kepada insan media dan distributor pupuk di wilayah pemasaran Pupuk Kaltim," timpal Dede Sulistyawan, AE wilayah Kaltim dan Kaltara.

Kali ini sosialisasi dilakukan di Balikpapan dan Kalsel 21-24 Maret 2017. Selain itu, Insan media dan distributor pupuk juga melakukan media tour ke beberapa gudang guna meninjau langsung stok pupuk di wilayah tersebut.

Kegiatan ini akan berlanjut ke beberapa daerah seperti Sulawesi Selatan, Manado dan Maluku yang nantinya akan menjadi agenda rutin Pupuk Kaltim setiap tahunnya ke wilayah lain.(*)

Reporter : Ahmad Riyadi    Editor : Zul Ihsan



Comments

comments


Komentar: 0